Fri. Aug 19th, 2022

5 Teknik Dasar Passing Bola Basket dan Pembahasannya - Penjasorkes

            Dalam permainan bola basket ada beberapa teknik dasar dalam permainan yang harus diketahui salah satunya yait teknik passing bola. Teknik passing bola ini adalah teknik yang dilakukan saat kita hendak mengoper bola kepada rekan satu tim. Jadi dalam permainan bola basket anda tidak bisa sembarangan mengoper bola kepada rekan satu tim dengan menggunakan teknik yang asal – asalan.

            Teknik passing ini memiliki peran yang penting dalam permainan bola basket karena jika passing yang dilakukan berhasil maka strategi permainan bisa terus dilanjutkan. Sebaliknya jika teknik passing yang dilakukan salah atau asal – asalan maka segala strategi yang sudah disusun bisa jadi berantakan. Itulah mengapa para pemain basket harus mengerti tentang teknik passing yang benar.

            Didalam permainan basket teknik passing bola basket sendiri terdiri dari 9 cara yang semuanya perlu dipahami. Tentunya setiap teknik passing memiliki teknis yang berbeda – beda, berikut ini penjelasan mengenai teknis setiap passing dalam permainan basket.

  1. Baseball Pass

Teknik baseball pass ini adalah teknik mengumpan bola kepada reka satu tim dari jarak jauh. Cara melakukan teknik baseball pass ini yaitu pertama simpan satu kaki di bagian depan lalu pegang bola dengan satu tangan dan posisikan tumpuan badan kebelakang kemudian lemparkan bola dengan keras kearah rekan tim.

  1. Behind the Back Pass

Teknik behind the back pass adalah teknik mengoper bola yang dilakukan sambilmengumpan bola kebelakang. Cara melakukan teknik passing ini yaitu pertama pegang bola dengan satu tangan di belakang punggung kemudian saat timingnya tepat lepaskan lemparan bola dari belakang  kearah rekan tim anda.

  1. Bounce Pass

Teknik bounce pass adalah teknik mengoper bola dengan cara memantulkannya terlebih dahulu. Cara melakukan teknik bounce pass ini yaitu pertama posisi kedua tangan memegang bola lalu arahkan pantulan kearah rekan tim anda. Selanjutnya cari celah dimana anda bisa melewati lawan dengan cara memantulkan bola kearah rekan anda.

  1. Chest Pass

Teknik chest past adalah teknik mengoper bola yang dilempar dari arah depan tepatnya didepan dada. Cara melakukan teknik chest pass ini yaitu pertama pegang bola setinggi dada kemudian lihat dimana arah rekan tim anda. Selanjutnya buka kaki selebar bahu dan oper lurus kedepan bola tersebut sampai kearah rekan tim anda.

  1. Hand off Pass

Teknik hand off pass adalah teknik passing bola basket secara langsung kepada rekan tim tanpa melakukan lemparan. Cara melakukan teknik ini yaitu pertama ambil posisi membelakangi lawan lalu saat rekan anda mendekat lakukan pick anda roll bola sampai bola berpindah tangan.

  1. Hook Pass

Teknik hook pass adalah teknik passing yang diawali dengan lompatan kea rah passer. Cara melakukan teknik ini yaitu anda dan rekan anda harus melakukan drive lalu taruh bola di dekat telingan dan lakukan lemparan passing ke rekan satu tim anda.

  1. Underhand Pass

Teknik underhead pass ini adalah teknik passing bola yang dilakukan dari bawah. Cara melakukan teknik ini yaitu pegang bola dan lihat dimana posisi rekan anda lalu oper bola dengan melakukan dorongan ke arah bawah.

  1. One-Hand Push/Shoulder pass

Teknik shoulder pass adalah teknik mengoper bola dengan menggunakan satu tangan saat posisi triple threat. Cara melakuka teknik ini yaitu gunakan satu sisi tangan untuk passing bola dan sebelum bola dioper anda lakukan fake pass setelah itu baru anda lempar bola kearah samping untuk mengoceh lawan.

  1. Overhead Pass

Teknik Overhead pass adalah teknik mengoper bola dari atas kepala. Cara melakukan teknik ini yaitu buka lebar kedua kaki lalu pegang bola dengan kedua tangan kemudian lempar kearah rekan satu tim anda.

By sartika