7 Tips Memilih Agensi Branding yang Sempurna

Bagaimanapun, meminta bantuan profesional dengan masalah ini biasanya merupakan langkah yang baik. Sangat sulit bagi orang awam untuk membangun seluruh identitas merek dari awal. Pekerjaan ini melibatkan banyak kreativitas dan pemikiran out-of-box, serta pengetahuan menyeluruh tentang pasar, pengalaman dalam industri periklanan dan pendekatan strategis berbasis data.

Tentukan sendiri dasar-dasarnya

Kondisi pertama dan terpenting untuk menciptakan dan mempertahankan citra merek yang diinginkan adalah, sederhananya, mengetahui apa yang Anda inginkan. Prasyarat ini mungkin terdengar terlalu jelas, tetapi terkadang perusahaan tampaknya melupakannya. Dan jika Anda sama sekali tidak mengerti tentang identitas merek seperti apa yang ingin Anda bangun, maka seluruh proyek ditakdirkan untuk gagal total.

Proses pemasaran online menggunakan media digital menjadi tidak sederhana, sehingga membutuhkan jasa digital marketing untuk melakukannya. Ada banyak merek Agency yang bisa kita gunakan, mulai dari LitleProject.com, Salman Agency dan Agency yang lainnya.

Secara alami, biro merek akan membantu Anda mengartikulasikan semua hal yang rumit, tetapi Anda harus memiliki setidaknya gagasan dasar tentang nilai inti Anda, misi merek Anda, dan arah umum di mana Anda ingin mengembangkan citra Anda. Jika Anda tidak dapat menentukan apa yang Anda inginkan dan mengomunikasikannya kepada agensi, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkannya.

Setelah Anda menyelesaikannya, pencarian dapat dimulai. Tidak apa-apa, untuk memulai dengan, pencarian Google sederhana dan menjelajahi media sosial. Periksa ulasan dan peringkat dan mintalah rekomendasi, terutama dari pemilik dan eksekutif perusahaan yang telah melalui proses ini. Kemudian buat daftar agensi yang tampaknya kompeten, kredibel, dan bereputasi baik dan bersiap untuk penyaringan lebih lanjut.

Lihat disini: https://caspidesign.com/praktik-terbaik-seo-rutinitas-sederhana-untuk-sukses-tertinggi/

Periksa portofolio mereka

Langkah alami berikutnya ketika mencari agen branding untuk disewa adalah menganalisis secara menyeluruh sejarah pekerjaan mereka. Setiap agensi branding yang serius akan secara terbuka menampilkan portofolio terperinci mereka, bersama dengan beberapa studi kasus, penghargaan, dan hasil nyata yang telah mereka capai dalam kampanye mereka yang paling penting.

Sebenarnya inilah salah satu manfaat website dalam melakukan pemasaran online.

Sebagian besar agensi yang Anda temui akan mengklaim bahwa mereka berdedikasi, berorientasi pada detail, dan berorientasi pada hasil. Tapi itu bukan ide terbaik untuk hanya mengambil kata mereka untuk itu. Perhatikan baik-baik apa yang telah mereka kerjakan dan capai di masa lalu dan putuskan sendiri apakah Anda akan mempercayai mereka atau tidak.

Kompetensi lintas saluran

Saat Anda masih berada di portofolio mereka, Anda harus memperhatikan hal kecil lainnya. Yaitu, branding adalah proses holistik dan komprehensif yang mencakup segala macam trik promosi, periklanan, dan PR. Itu berarti bahwa agensi branding berkualitas tinggi harus mampu menangani aktivitas branding dan promosi di banyak saluran yang berbeda. Untuk branding yang sukses, keserbagunaan adalah kuncinya dan agensi harus memahami keunikan setiap media yang akan mereka gunakan.

Tapi ada lagi. Di balik semua kegiatan yang berlangsung di platform yang berbeda ini, harus ada identitas yang sehat dan konsisten. Jika sebuah agensi telah berhasil memberikan ini kepada mantan klien mereka, ini menunjukkan pendekatan yang cermat, strategis , dan integral. Ini adalah nilai tambah yang pasti bagi mereka.

Pengalaman di cabang Anda

Faktor lain yang harus Anda perhitungkan adalah apakah agensi memiliki pengalaman di industri Anda. Ini tidak penting bahwa mereka memilikinya, tetapi dapat membantu dalam keadaan tertentu. Jika mereka telah bekerja dengan perusahaan dari ceruk terkait, mereka cenderung memiliki pengetahuan penting tentang pasar Anda. Mereka juga akan memiliki pemahaman yang baik tentang poin-poin penting dari kelompok sasaran Anda. Hal ini memungkinkan mereka untuk menerapkan taktik branding berbasis emosi yang berbeda yang dapat membawa hal-hal baik ke bisnis Anda.

Di sisi lain, ada alasan untuk menghindari agensi yang telah bekerja sama dengan pesaing Anda, terutama jika mereka tampaknya berspesialisasi dalam cabang Anda. Ada bahaya bahwa mereka akan menangani tugas secara rutin, dengan template dan ide yang telah dibuat sebelumnya yang telah mereka gunakan sampai batas tertentu.

Tentu saja, ini bukan cara yang tepat. Setiap merek adalah unik dan harus diperlakukan seperti itu. Terkadang, agensi branding yang telah bekerja dengan terlalu banyak bisnis yang mirip satu sama lain gagal memahami hal ini, jadi mempekerjakan satu dengan pengalaman di industri Anda bisa menjadi semacam pedang bermata dua. Namun, jika agensi telah menghormati keunikan merek yang berbeda dalam kampanye mereka sebelumnya, ada kemungkinan besar mereka tidak akan melakukan kesalahan ini.

Ukuran agensi branding

Anda juga harus memastikan bahwa ukuran agensi sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada banyak pro dan kontra untuk agensi kecil dan besar. Perusahaan besar biasanya lebih berpengalaman dan kredibel, tetapi mereka juga memiliki banyak klien. Ini berarti Anda mungkin bukan prioritas utama mereka dan ada kemungkinan mereka tidak akan sepenuhnya didedikasikan untuk kampanye Anda. Juga, agen besar dan diakui secara luas cenderung cukup mahal.

Namun, lembaga kecil akan lebih sering kekurangan keandalan. Selain itu, jika bisnis Anda terlalu besar, agensi mungkin tidak dapat menangani jumlah pekerjaan yang diperlukan agar upaya branding berhasil.

Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam mengambil keputusan ini. Ke mana pun Anda pergi, pastikan agen tersebut memiliki reputasi baik dan mereka tidak kekurangan kapasitas untuk memenuhi semua kebutuhan Anda.

Lihat bagaimana mereka mencap diri mereka sendiri

Selain mengintip portofolio mereka, Anda juga harus memeriksa situs web agensi, media sosial, dan saluran lain yang mereka gunakan untuk mempromosikan diri. Situs web yang dirancang dengan cepat dan hati-hati, konten yang teratur dan ditulis dengan baik, serta identitas visual yang menarik di berbagai saluran, adalah tanda-tanda etos kerja dan dedikasi yang baik.

Apalagi jika mereka memiliki blog perusahaan, itu bisa menjadi saksi keahlian dan kompetensi mereka. Selain itu, ini sering berarti bahwa mereka tidak hanya berpengetahuan. Tetapi juga siap untuk menyebarkan pengetahuan ini, yang mungkin menjadi indikator semangat dan antusiasme mereka.

Mentalitas yang pas untuk memilih agensi branding

Akhirnya, memilih biro merek yang tepat tidak hanya berarti menemukan biro iklan yang paling terampil dan sukses. Ini juga sangat penting bahwa Anda memiliki mentalitas yang saling cocok. Misalnya, beberapa agensi lebih spontan dan cenderung berimprovisasi dari waktu ke waktu. Sementara yang lain memiliki aturan dan jadwal yang kaku. Beberapa agensi lambat dan metodis, sementara beberapa mengandalkan kecepatan dan mengandalkan intuisi.

Menemukan agensi dengan karakter dan filosofi yang sesuai lebih penting daripada yang terlihat. Yaitu, branding bisnis adalah proyek jangka panjang dan memerlukan hubungan jangka panjang. Ini tidak seharusnya menjadi pekerjaan satu kali tetapi kemitraan yang stabil .

Cara terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal dari upaya branding Anda adalah dengan menemukan agensi. Ini sangat memahami cara kerja perusahaan Anda dan apa artinya. Dan siapa yang akan memahaminya dengan lebih baik jika bukan agensi dengan mentalitas yang sama dan karyawannya. Kondisi pikiran yang sesuai?

Untuk benar-benar mengenal agensi, Anda akan bekerja sama. Bertemu mereka secara langsung pada beberapa kesempatan sangat penting. Hanya dengan begitu Anda akan dapat mengetahui apakah ada ikatan khusus di antara Anda. Itu bisa berubah menjadi kemitraan jangka panjang yang sukses.