Fri. May 14th, 2021
6 Desain Ruang Makan Bergaya Alam

Ruang makan berfungsi sebagai ruangan untuk makan bersama keluarga. Sementara itu, ruangan ini juga biasa digunakan sebagai tempat mencurahkan cerita keseharian. Agar suasana makan terasa nyaman dan lebih intim, dekor ruangan agar tak membosankan. Beberapa contoh desain ruang makan bertema alam ini bisa menjadi inspirasi.

1.      Ruang Makan Biophilic

Berikan tanaman hias di beberapa sudut ruangan untuk menambah rasa fresh. Warnai tembok dengan warna sage yang menyatu dengan warna tanaman. Sedangkan warna lantai kontras dengan dinding namun tetap natural seperti warna pasir putih, warna tanah dan lainnya. Perabotan yang dipakai berbahan kayu dengan warna alami kayu.

2.      Aksesoris dari Alam

Tampilkan aksesoris bertema alam dan langsung dari alam, bukan terbuat dari plastik. Dekorasi alam cukup effortless dan lebih menghemat. Gunakan tanaman yang ada seperti rangkaian bunga di atas meja, tanaman hias di sudut ruangan. Jika tak sempat selalu mengganti rangkaian segar, bisa diganti dengan rangkain bunga kering untuk desain ruang makan lebih eksotis.

3.      Outdoor

Kombinasi warna yang digunakan bisa menggunakan warna lembut yang kontras dengan warna sekitar. Hanya perlu memiliki halaman, kosong dan tidak memiliki fungsi signifikan. Tentukan lokasi yang memiliki akses dekat dengan dapur. Pilihan furniture berbahan kayu atau batu alam yang awet digunakan di ruang terbuka. Agar dapat digunakan saat gerimis, bisa menambahkan tiang tanpa dinding dan atap dari bambu.

4.      Venue Taman Belakang

Tata letak yang berseberangan dengan ruang keluarga namun masih berada dalam satu ruangan. Ruangan tanpa atap di taman belakang dihiasi lampu tumblr sebagai penerang di malam hari. Buat pagar kayu sebagai dinding untuk menghadirkan nuansa alam. Letakkan tanaman hias di beberapa sudut dan hiasi dengan lampu di tengah-tengahnya. Sorotan lampu saat malam hari memperlihatkan kesan eksotis.

5.      Dekat Pintu Geser

Meski di dalam ruangan, bisa coba letakkan satu set perabotan makan di dekat taman belakang. Sempurnakan kesan alami dengan desain ruang makan menggunakan pintu geser dari kaca bening. Dapat dibuka saat musim kemarau yang dapat memberikan kesejukan alami dari luar. Tutup pintu saat hujan dan tetap bisa menikmati suasana di luar.

6.      Ruang Makan Taman

Bisa diaplikasikan untuk rumah minimalis yang biasanya memiliki taman kecil di samping rumah. Gunakan tirai yang bisa dibuka tutup untuk mengantisipasi datangnya hujan. Tirai bambu menjadi pilihan untuk mendominasi rasa natural. Alternatif lain menggunakan atap transparan untuk tetap menikmati alam di pagi hari maupun di malam hari.

Tak perlu rumah dengan lahan luas untuk menciptakan desain ruang makan terasa natural. Gunakan jasa desain interior untuk membantu menerapkan nuansa alam pada ruangan minimalis. Tak perlu rombak keseluruhan ruangan hanya untuk memiliki ruang makan rasa alam. Dibutuhkan padu padan pada baik warna, furniture hingga ruangan yang digunakan.