5 Tips Aman Berinternet

Pada era digital ini banyak yang menggunakan jaringan internet untuk melakukan transaksi, belanja, komunikasi, atau kegiatan lainnya. Setiap orang melakukan kegiatannya secara mudah dengan menggunakan internet. Meskipun mudah, dalam melakukan kegiatan di internet harus hati-hati karena sekarang kejahatan cybercrime mulai merajalela. Oleh karena itu Anda harus memahami betul bagaimana tips aman menggunakan internet dan Cara mengecek kuota Telkomsel.

Tips Aman Menggunakan Internet yang Perlu Diketahui

Kejahatan di dunia internet semakin banyak, kejahatan menyerang pengguna internet dengan tujuan berbeda-beda. Beberapa kejahatan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab seperti pencurian data social media, membobol akun internet banking dan masih banyak lagi. Apabila Anda sebagai pengguna aktif internet maka jangan lupa menerapkan tips aman menggunakan internet berikut dari koinx.id.

Log out akun

Tips aman berinternet yaitu selalu melakukan log out akun yang ada di internet, seperti social media, internet banking, email, atau lainnya. Setelah selesai menggunakannya lebih baik Anda log out untuk melindungi dari kejahatan cybercrime.

Log out akun tidak hanya dilakukan ketika di warnet saja, melainkan di komputer Anda sebaiknya juga di log out. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada seseorang yang meminjam komputer Anda, setelah mereka membuka browser dan melihat social media Anda terbuka maka bisa saja mereka menemukan sesuatu yang penting disana.

2. Membuat kombinasi password yang sulit ditebak

Password merupakan kunci untuk menjaga keamanan seluruh akun di internet. Password bisa dibobol oleh hacker apabila tidak memiliki kombinasi yang kuat. Buatlah password dengan kombinasi tersulit supaya tidak dapat dibobol hacker. Cara membuat kombinasi passwor adalah mengunakan huruf kecil, huruf besar dan angka. Gunakan dua belas digit password. Untuk menjaga keamanan password, sebaiknya rutin melakukan pergantian password setiap dua bulan sekali.

3. Jangan menyebarkan informasi pribadi

Melalui internet, seseorang bisa menemukan informasi. Salah satunya informasi pribadi seseorang. Meskipun begitu, Anda tidak boleh sembarangan menyebar informasi di internet. Jika Anda menuliskan informasi pribadi secara lengkap maka bisa saja ada orang jahat yang menggunakan data pribadi Anda. Tuliskan saja data pribadi singkat. Contohnya saat menggunakan facebook, tulislah data pribadi secukupnya. Tidak perlu dijabarkan alamat rumah, nomor rumah, nomor pribadi atau data lainnya secara lengkap.

4. Update antivirus

Tips aman berinternet selanjutnya yaitu memasang antivirus terbaru pada komputer. Fungsi antivirus untuk melindungi data di komputer agar tidak terserang virus. Selain itu antivirus juga berfungsi sebagai harm content, melindungi dari situs berbahaya, dan menghindari situs dengan bahasan konten dewasa. Antivirus bisa bekerja secara maksimal apabila selalu di update, dengan begitu perlindungan komputer lebih terjamin keamanannya.

5. Think before connect

Jaringan internet sangat luas, sehingga bisa menghubungkan Anda kemana saja. Dari terhubungnya Anda ke beberapa situs maka bisa menyebabkan dampak positif maupun negatif. Sebaiknya jangan sembarangan melakukan connect ke situs yang tidak dikenal, karena ada beberapa situs ilegal yang sengaja menjebak Anda supaya masuk ke dalamnya. Contoh beberapa situs yang harus diwaspadai yaitu survey online, online shop, serta lainnya. Biasanya situs ilegal digunakan untuk mengambil data pribadi Anda secara paksa.

Demikian beberapa tips aman menggunakan internet. Tips di atas sangat membantu Anda agar menjelajahi internet secara aman. Bila Anda mendapatkan keamanan selama menjelajahi internet maka, Anda bisa nyaman karena dapat menjauhkan diri dari kejahatan cybercrime.