Sat. Dec 3rd, 2022

Aset kripto merupakan salah satu investasi yang paling menarik di Indonesia. Ini 5 tempat trading crypto yang aman untuk pemula 2022.

Tempat trading crypto yang aman untuk pemula ini dilihat dari legalitas perusahaannya di Indonesia. Di tulisan ini, penulis tidak menyarankan trader pemula untuk trading crypto di tempat yang ilegal, seperti Binance dan platform ilegal lainnya.

Maka, tempat trading crypto yang aman untuk pemula adalah tempat yang memiliki legalitas. Hal ini ditandai dengan legalitas yang berupa tanda daftar dari pemerintah yaitu BAPPEBTI. Sampai saat ini, ada sekitar 13 perusahaan tempat trading crypto.

Selain itu, proses keamanan data melalui verifikasi juga menjadi pertimbangan, meskipun semuanya sudah memiliki metode verifikasi akun yang aman.

Namun, kelebihan lainnya terletak pada kenyamanan trader pemula untuk berinvestasi. Sehingga, trader pemula bisa mendapatkan keuntungan atau cuan dengan trading Bitcoin, Ethereum dan lain-lain.

Berikut 5 tempat trading crypto yang aman untuk pemula di tahun 2022.

Indodax

Trader aset kripto mana yang tidak kenal dengan Indodax. Perusahaan yang didirikan oleh Oscar Darmawan ini sudah memiliki 5,3 juta member dan merupakan yang paling banyak dari tempat trading crypto yang paling aman yang lainnya di Indonesia.

Ada sekitar 200an aset kripto yang bisa diperjualbelikan. Keduanya, bisa dibeli dengan pertukaran rupiah dan US Dollar dengan token USDT.

Menariknya, trading aset kripto di Indodax bisa mulai dari Rp10.000 saja. Artinya, trader pemula bisa coba-coba. Ini merupakan cara paling aman bagi trader untuk memulai trading crypto.

Trading menggunakan Indodax juga cukup mudah, terutama untuk pemula. Karena fitur yang lebih mudah untuk dipahami oleh trader yang baru.

Indodax merupakan perusahaan Indonesia crypto exchange tempat penjual dan pembeli pertama yang ada di Indonesia. Indodax didirikan oleh Oscar Darmawan dan William Sutanto pada tahun 2014.

TokoCrypto

Tokocrypto adalah tempat trading crypto paling aman untuk pemula berikutnya. Sama halnya dengan Indodax, aplikasi ini juga bisa kamu download di ponselmu secara resmi.

Meskipun biaya fee transaksi yang cukup murah, ada beberapa kekurangan dari Tokocrypto. Pertama, platform ini tidak bisa top up dengan credit card. Selain itu, minimal deposit yang cukup tinggi. Kemudian, juga ada nominal minimum untuk penarikan dana.

Trader pemula perlu berhati-hati jika trading menggunakan uang yang terlalu banyak di aplikasi ini. Karena trader pemula tidak disarankan untuk trading dengan nominal uang yang besar.

Luno

Luno sudah berdiri semenjak tahun 2014. Platform ini juga sudah mendapatkan legalitas dari BAPPEBTI. Trading aset kripto di platform ini juga aman. Selain itu, fiturnya yang mudah dipahami.

Namun, jumlah aset kriptonya masih terlalu sedikit, begitu juga dengan jumlah membernya. Selain itu, minimal deposit di Luno Rp50.000. Ini lebih mahal dari pada Indodax.

Rekeningku

Platform ini adalah milik PT Rekeningku Dotcom Indonesia. Juga sudah mendapatkan legalitas dari BAPPEBTI. Kelebihannya adalah Rekeningku memiliki one stop service. Cukup berguna untuk pemula.

Sama dengan tempat trading crypto paling aman lainnya, untuk menjadi member harus ada proses verifikasi seperti foto KTP dan foto wajah.

Namun, dari sisi jumlah aset kripto yang di list, tampaknya masih sedikit. Hanya ada 40an jenis aset kripto yang diperdagangkan di platform ini. Sulit bagi pemula untuk bermain di aset kripto lain yang bergerak di bidang NFT, metaverse dan lain-lain.

Pintu

Terakhir, yang kami rekomendasikan sebagai tempat trading crypto yang paling aman adalah aplikasi pintu.

Pintu merupakan aplikasi crypto yang memiliki nama PT unik yaitu PT. Pintu Kemana Saja yang sudah resmi terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Kelebihan dari aplikasi crypto Pintu adalah deposit yang cukup murah, meski tidak semurah Indodax. Sehingga siapapun dapat membuat akun aplikasi ini.  Selain itu, dalam penjualan aset digital pada aplikasi ini, prosesnya tidak menggunakan sistem komisi.

Kekurangan dari aplikasi crypto Pintu adalah pilihan top up sangat terbatas karena hanya bisa transfer ke bank BNI saja, dan proses verifikasi akun memakan waktu maksimal 7 hari kerja.

By Drajad