Fri. Jan 21st, 2022
4 Jenis Logam Perhiasan Terpopuler Di Dunia

Emas adalah salah satu logam mulia yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi. selain bisa digunakan sebagai perhiasan, logam ini juga sering dimanfaatkan untuk kebutuhan investasi. Namun ternyata bukan hanya emas saja lho yang mempunyai nilai jual fantastis. Berikut 4 jenis logam terpopuler selain emas di dunia. 

4 Jenis Logam Perhiasan Terpopuler Di Dunia

  • Perak 

Selain emas, perak juga sering dimanfaatkan untuk bahan pembuatan perhiasan. Perak memiliki warna putih mengkilat dan anti korosi sehingga disukai banyak orang. Jenis perhiasan ini bisa Anda temui di berbagai toko perhiasan termasuk Adelle jewellery

Perak selain dimanfaatkan sebagai perhiasan seperti pembuatan cincin untuk pernikahan dan tunangan, juga digunakan untuk berbagai hal. Penggunaan perak selain untuk perhiasan juga digunakan untuk cermin, katalis untuk reaksi kimia, dan masih banyak lagi. 

  • Rhodium 

Logam yang satu ini memiliki warna yang hampir serupa dengan platinum yaitu putih keperakan. Sama halnya dengan logam mulia pada umumnya, rhodium juga sangat tahan terhadap karat. Bahkan kilauan yang ada pada logam ini jauh lebih kuat dan mampu merefleksikan objek dengan sangat baik.

Tidak hanya digunakan sebagai perhiasan saja, rhodium juga biasa dimanfaatkan untuk pembuatan cermin, lampu sorot, dan mesin turbin pada pesawat. Selain itu juga sering dimanfaatkan untuk bahan pembuat asam nitrat dan senyawa organik lain. Keberadaannya yang sulit ditemukan membuat logam ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi. 

  • Platinum 

Jika Anda perhatikan, sekilas tampilan dari logam mulia ini mirip dengan perak namun memiliki warna yang lebih cerah dan mengkilap. Banyak toko perhiasan yang menjadikan logam ini sebagai bahan dasar pembuatan perhiasan tidak terkecuali Adelle jewellery. Biasanya logam ini menjadi alternatif untuk pria yang tidak menggunakan emas sebagai perhiasan. 

Platinum memiliki sifat tahan terhadap korosi dan tahan karat. Oleh karena itulah sering dimanfaatkan untuk pembuatan peralatan kedokteran, pembuatan senjata, dan masih banyak lagi. Beberapa negara pemasok platinum terbesar yaitu Kanada, Rusia, dan Afrika Selatan. Di negara-negara tersebut dalam setiap tahunnya mampu memproduksi platinum hingga ratusan ton. 

  • Palladium 

Logam mulia yang cukup populer dan memiliki harga cukup mahal lainnya yaitu palladium. Logam ini memiliki warna putih mengkilap dan sangat tahan terhadap korosi. Jika dibandingkan dengan logam mulia lainnya, palladium memiliki kekuatan leleh paling rendah. Namun hal tersebut tidak mempengaruhi dari kekuatannya. 

Palladium memiliki sifat yang sangat padat sehingga tidak mudah rusak apabila terkena benturan.Selain digunakan untuk perhiasan, palladium juga dimanfaatkan untuk penggunaan dalam bidang otomotif. 

Itulah 4 logam perhiasan terpopuler dan termahal di dunia. Seperti yang sudah disebutkan selain emas, jenis-jenis logam di atas juga menjadi bahan pembuat perhiasan sebagai alternatif, tidak terkecuali Adelle jewellery.