Mon. Jan 25th, 2021
4 Cara Terbaik Melakukan Pertolongan Pertama Luka Bakar

Terkadang banyak aktivitas dan kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak membuat beberapa hal yang membahayakan dirinya. Karena anak-anak mempunyai rasa ingin tahu yang lebih besar. Sehingga perlunya pengawasan ketika mereka beraktivitas, beberapa kasus sering terjadi yaitu luka bakar. Ada cara untuk melakukan pertolongan pertama luka bakar.

Sehingga nantinya Anda tidak sembarangan dalam mengatasi persoalan tersebut dan membuat luka bakarnya semakin menyebar dan bertambah parah. Untuk itu memberikan pemahaman yang jelas mengenai pertolongan pertama perlu dipahami. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda simak dan perhatikan secara lebih jelas.

Cara Melakukan Pertolongan Luka Bakar

Sebenarnya langkah terbaik yaitu pencegahan. Namun apabila sudah terjadi mau tidak mau Anda harus memberikan pertolongan pertama. Hal ini penting untuk dipahami, karena memberikan banyak manfaat yang dapat Anda lakukan nantinya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

1. Gunting Pakaian

Apabila dalam luka bakar tersebut terdapat kain atau benda yang masih menempel, lebih baik untuk memotong dan membiarkannya menempel saja. Jangan sesekali Anda panik dan langsung melepaskannya, karena akan terasa sakit dan mengalami infeksi. Hal terbaik dengan melakukan potongan dan menggunting pakaiannya saja.

Setelah itu, langsung saja bergegas untuk langsung ke klinik terdekat dan biarkan dokter yang akan melepaskan kain dari pakaian tersebut. Karena adanya alat kesehatan yang lengkap dan memadai membuat luka bakar yang terjadi tidak akan menyebar menjadi infeksi.

2. Siram Air Mengalir

Langkah berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan langsung menyiram luka bakar tersebut dengan air yang mengalir. Karena ampuh dalam mendinginkan dan sekaligus untuk membersihkan luka dari kotoran-kotoran yang menempel. Dalam tahap ini Anda dapat melakukannya kurang lebih 5 sampai 15 menit saja.

3. Balut Dengan Perban

Jika si buah hati mengalami luka bakar yang tidak terlalu besar dan lebar, rasanya cukup dengan balut menggunakan kain perban yang steril. Tetapi sebelum langsung membalutnya, pastikan Anda membersihkan luka bakarnya terlebih dahulu supaya tidak ada kotoran yang menempel dan membuat infeksi nantinya.

Apabila sudah melakukan pembalutan, Anda tinggal melihat reaksi dari anak Anda tersebut. Jika mengalami dan mengeluh kesakitan Anda dapat memberikan paracetamol yang sesuai kadar dan anjuran dokter.

4. Pengobatan Medis

Langkah terakhir apabila luka bakarnya begitu parah dan memprihatinkan, solusi terbaik untuk bergegas membawanya ke dokter secara langsung. Karena dengan penanganan medis semuanya tersedia dari segi obat dan perlengkapan medisnya. Apalagi jika terkena luka bakar yang ada bahan kimianya penting sekali untuk langsung ke dokter.

Demikianlah pembahasan lengkapnya mengenai luka bakar, semoga info bayi dan anak diatas dapat memberikan manfaat kedepannya.